Kuliner Di Warung Hercules Yogyakarta

Menikmati Aneka Masakan Ikan Tuna di Warung Hercules Yogyakarta

Warung makan Hercules,  Pogung Kidul No 8 RT 04/ RW 49,
Yogyakarta, telpon 0274-544034

Senin 1 Maret 2010, sayadan Ibunya Afa diundang oleh sahabat saya Indra Novian untuk makan siang di warung makan Hercules. Indra Novian merupakan adik kelas saya dan sekarang menjadi dosen di Teknik Geologi UGM.

Saya berdua dengan istri bertemu dengan Indra dan istrinya di Tugu Teknik UGM, sehabis saya menunggui Afa sekolah di BMD Pandeansari dan menjemput Ibunya Afa di FKG UGM. Berempat kami kemudian berangkat ke warung makan hercules dengan menggunakan motor masing-masing.

Warung makan Hercules adalah warung makan yang menyajikan menu spesial aneka masakan ikan tuna dan asam pedas kepala kakap.

Warung makan Hercules terletak di Pogung Kidul No 8 RT 04/ RW 49, Yogyakarta, telpon 0274-544034. Lokasi ini terletak persis di sebelah utara selokan mataram [sebelah utara fakultas Teknik UGM].  Restoran ini dimiliki ole BapakHermadi yang dikelola bersama dengan istrinya.

Sekitar jam 13.15, tidak lebih dari 15 menit perjalanan dari Tugu Teknik, kami sudah sampai di warung makan Hercules. Setelah memarkir motor, kami kemudian masuk ke dalam rumah makan. Hari ini merupakan hari kerja dan pas waktunya makan siang, sehingga warung makan penuh, beruntung kami mendapat tempat duduk karena ada pengunjung yang suda selesai makan.

Ternyata ada satu teman lagi, Didit yang bergabung dengan kami. Kami kemudian memesan menu makan siang kami bersama-sama, yang terdiri tongseng ikan tuna,sate ikantuna, pepes ikan tuna dan telur ikan tuna dadar. Dan pesanan makanan kami datang tidak lama kemudian.

Sate Tuna

Sate Tuna adalah sate dengan bahan utama ikan tuna untuk menggantikan daging, dihidangkan dengan sambal, mentimun, dan sayur kangkung. Seporsi sate terdiri dari 5 tusuk.

Pepes Tuna

Pepes adalah salah satu makanan tradisional Sunda, biasanya pepes ikan atau pepes ayam. Di warung makan hercules, pepes dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tuna.

Telor Goreng

Telur goreng adalah ikan tuna yang digoreng dadar dengan menggunakan telur.

Tongseng Tuna

Tongseng Tuna  adalah tongseng dengan bumbu khas Jogja dengan menggunakan ikan tuna sebagai bahan baku utama pengganti daging, sementara bumbunya seperti laiknya tongseng daging kambing pada umumnya.

Menu Siangku

Kami kemudian mulai menikmati makanan kami masing-masing, kami mencoba semua lauk yang dipesan yaitu tongseng tuna, sate tuna, telur goreng dan pepe tuna. Sementara Didit, Indra, Winda dan Ibunya Afa juga menikmati makan siang dengan menu pilihan masing-masing. Menurut saya, sate tunanya enak tidak amis. Pepesnya juga nyamleng, begitu juga dengan tongseng tunanya enak sebagai pengiring makan siang. Dan menurut saya yang paling enak telur ikan tuna goreng.

Menikmati Makan Siang

Setelah selesai makan kami berbincang-bincang ringan, mengenai masalah kuliah, geologi dan kerjaan. Sekitar jam 2, kami pamit karena di rumah ada acara. Akhirnya Winda membayar makan siang kami berlima, habis Rp. 95.000,00, harga yang cukup affordable dengan yang kami nikmati.

Menurut saya,warung makan Hercules merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang layak dikunjungi karena:
1. Menyajikan menu makanan yang exotic dan sehat berbahan baku utama ikan tuna
2. Cita rasa dan kelezatannya tidak kalah dengan masakan ikan di tempat lain.
3. Harganya yang affordable  cenderung murah untuk kualitas, porsi dan   citarasa makanan yang sajikan.
4. Lokasinya yang dekat dengan kampus UGM sehingga mudah dijangkau. [kom]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: